nusakini.com-- Forum Bisnis Sarajevo (Sarajevo Business Forum) resmi dibuka pada Senin (22/5), di Kota Sarajevo, dengan tema “One Region, One Economy”. Acara tahunan ini diikuti oleh lebih dari 1.000 perwakilan perusahaan dan pejabat pemerintah dari seluruh dunia. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan Forum Bisnis Sarajevo sangat lah strategis. Pasalnya, hal ini sejalan dengan urgensi peningkatan ekonomi regional baik di Eropa Tenggara dan Asia Tenggara.

“Forum ini juga dapat mendorong pembangunan konektivitas ekonomi dan kolaborasi antara kedua wilayah,” ujar Menko Perekonomian dalam sambutannya. 

Darmin melihat kesamaan antara ASEAN dan Balkan, yang terdiri dari beberapa negara yaitu Serbia, Macedonia, Kroasia, Slovenia dan tentu saja, Bosnia-Herzegovina. Meskipun beragam budaya dan adat istiadat yang berbeda, orang Balkan secara historis berasal dari latar belakang etnis yang sama. 

“Melalui hubungan ini, saya berharap agar konektivitas dengan kawasan Eropa Tenggara dapat lebih ditingkatkan di masa depan,” tuturnya. 

Selain menempati lokasi strategis di wilayah Balkan, Bosnia-Herzegovina memiliki ekonomi yang relatif stabil dan berkembang. Hal ini menurut Darmin, menjadikan Bosnia-Herzegovina sebagai hub yang cocok untuk menghubungkan komunitas bisnis di Indonesia dengan lebih dari 30 juta orang di wilayah Balkan. 

Di sisi lain, Indonesia juga merupakan ekonomi utama di Asia Tenggara, pasar untuk lebih dari 600 juta populasi. Indonesia tidak hanya mewakili 40% ekonomi Asia Tenggara namun juga 40% dari luas daratan dan populasinya. 

“Sebagai bagian penting dari daerah masing-masing, kami menantikan Indonesia dan Bosnia-Herzegovina untuk menjadi hub guna menghubungkan Asia Tenggara dan Eropa Tenggara,” kata Darmin. 

Dirinya yakin Indonesia dan Bosnia-Herzegovina serta negara-negara tetangganya akan menjadi mitra hebat bagi Indonesia. “Kita perlu memperkuat kemitraan ekonomi baik melalui perdagangan maupun investasi,” lanjutnya. 

Forum Bisnis Sarajevo tahun ini berfokus pada perluasan kerjasama ekonomi regional dan menarik investasi internasional ke Eropa Tenggara. Diselenggarakan sejak tahun 2010, Forum Bisnis Sarajevo menjadi salah satu konferensi investasi terpenting di Eropa Tenggara. (p/ab)